foto pembatasan pasar
|

Aktivitas Pasar Bangil dan Pandaan Dibatasi untuk Mencegah Penularan Covid-19

Pasuruan – 
Selain menutup tempat-tempat wisata, aktivitas beberapa pasar di Pasuruan dibatasi. Upaya ini meredam laju penyebaran virus COVID-19 di Kabupaten Pasuruan dengan memperketat pengawasan penerapan protokol kesehatan. Pedagang dan pembeli diwajibkan memakai masker.
Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan, Gatot Sutanto. Gatot awalnya menyangkal sejumlah kabar yang beredar bahwa beberapa pasar ditutup selama dua pekan. Menurut Gatot, tak ada pasar di Kabupaten Pasuruan yang ditutup.
“Nggak ada penutupan pasar, hanya mengurangi pintu-pintu supaya pantauan itu mudah. Pasar itu kan banyak pintu, untuk memudahkan upaya penerapan protokol kesehatan terhadap pedagang maupun pembeli, kita jaga dipintu masuk pasar itu. Nah karena terbatasnya petugas, makanya beberapa pintu yang tak terback up oleh petugas ya kita tutup sementara,” kata Gatot, Jumat (25/9/2020).
Gatot mengatakan saat ini hanya Pasar Bangil dan Pasar Pandaan yang dilakukan penutupan sebagian pintu. Namun, yang ditutup bukan pintu utama.”Pasar-pasar yang lain tak ada penutupan beberapa pintu sama sekali, karena petugasnya banyak dan bisa mengcover. Saat ini hanya pasar Pandaan dan Bangil yang ada penutupan sebagian pintu. Yang jelas bukan pintu utama yang ditutup,” terangnya.
Petugas setiap hari berjaga di pintu masuk pasar. “Petugas memeriksa pengunjung harus pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak,” tegasnya.
Seperti diketahui Kabupaten Pasuruan berada di zona merah COVID-19. Untuk mengurangi risiko penularan, Pemkab Pasuruan melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 memperketat aktivitas masyarakat.


Semua tempat wisata ditutup sejak 24 September hingga 8 Oktober 2020. Selain itu hajatan dan kegiatan yang berpotensi mendatangkan banyak massa ditunda. Sementara untuk kegiatan ekonomi tetap dinaikkan buka namun harus mematuhi protokol kesehatan.
Kabupaten Pasuruan masih berada di zona oranye COVID-19. Angka kumulatif kasus konfirmasi COVID-19 sebanyak 1.375. 1.131 orang sembuh, 153 orang meninggal dunia, 68 di rumah sakit dan 23 isolasi.

source https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5188192/cegah-penyebaran-covid-aktivitas-pasar-bangil-dan-pandaan-pasuruan-dibatasi

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *