Beasiswa GLS
|

Beasiswa Gerakan Lanjut Sekolah, Pendidikan adalah Hak Setiap Masyarakat Indonesia

Tahun baru, harapan baru. Ditahun 2021 Pasuruan Youth Forum Foundation memiliki satu program baru yaitu program “Gerakan Lanjut Sekolah”. Program beasiswa dengan konsep gotong royong ini bertujuan menjangkau anak-anak berprestasi dari jenjang Sekolah dasar hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) yang memiliki keterbatasan finansial. Berangkat dari data BPS 2019, angka IPM Kabupaten Pasuruan tergolong sedang. Kabupaten Pasuruan berada di angka 24 dan yang mencengangkan adalah gap atau jarak yang cukup jauh antara IPM Kabupaten Pasuruan dan kota Pasuruan. IPM kota Pasuruan masuk 10 besar di Jawa timur, hal ini berarti gap 14 tingkat antara IPM Kabupaten dan Kota.

Lalu, bagaimana dengan pendidikan di Kabupaten Pasuruan? mengutip data BPS, Secara umum, tingkat pendidikan di Kabupaten Pasuruan masih rendah. Mayoritas penduduk hanyalah lulusan SD/sederajat saja. Persentase penduduk Kabupaten Pasuruan usia 15 tahun ke atas yang tidak mempunyai ijazah SD sebanyak 18,92 persen, tamat sekolah dasar (SD) atau sederajatnya sebesar 31,31 persen dan tamat sekolah menengah pertama (SMP) sebesar 22,99 persen. Dengan demikian, sebanyak 73,22 persen penduduk Kabupaten Pasuruan hanya tamatan SMP dan yang sederajat ke bawah.

Data tersebut tentu saja bisa jadi bertambah buruk semenjak Covid-19 meluas dan mempengaruh banyak sektor termasuk sektor Pendidikan. Apa yang bisa kita lakukan untuk membantu mempersempit gap pendidikan dan membuat pendidikan lebih mudah diakses? Tentu saja dengan konsep gotong-royong. Memang bukan kewajiban rakyat sipil untuk memenuhi kewajiban memberi akses pendidikan, tapi keterbatasan pemerintah dalam menjangkau tempat-tempat yang kurang aksesibel membuat warga setempat atau guru setempat memiliki peran besar. oleh karena itu, kami bekerjasama dengan institusi/yayasan/komunitas/sekolah setempat untuk mendukung program terbaru kami yaitu “Gerakan Lanjut Sekolah”. Sebuah gerakan yang diiniasiasi oleh Pasuruan Youth Forum Foundation dengan Komunitas pendidikan di Pasuruan timur, Aufklara.

Ulfa, Anggota komunitas Aufklara dengan salah satu target beneficiaries program GLS di Pasuruan timur.

Apa itu Gerakan Lanjut Sekolah?

Gerakan Lanjut Sekolah adalah sebuah gerakan bersama untuk membantu adik-adik atau pemuda yang berprestasi namun tidak memiliki kesempatan untuk menggapai pendidikan yang layak. Pendidikan bukan hanya sekedar SPP tapi juga banyak sekali aspek yang membuat seorang anak atau pemuda memutuskan untuk berhenti sekolah. Kami berkomitmen untuk menjadi jembatan antar masyarakat yang peduli terhadap pendidikan di wilayah tertinggal dengan sasaran penerima manfaat dengan tepat.

Gerakan ini mendapat dukungan dari berbagai pihak salah satunya adalah Wakil 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pasuruan, Andri Wahyudi. Beliau menyampaikan bahwa sudah seharusnya masyarakat peduli terhadap pendidikan di Pasuruan. Beliau juga mengajak masyarakat Pasuruan untuk ikut Gerakan Lanjut Sekolah, “Kita harus memikirkan anak-anak, adik-adik dan saudara-saudara kita ditengah pandemi yang harus kita pikirkan terus bersekolah” Seloroh pak Andri.

Pasuruan Youth Forum bersama pak Andri Wahyudi berdiskusi mengenai pendidikan di Pasuruan

Pendidikan memang hal yang mahal bagi sebagian dari kita, tapi dengan bergotong royong pendidikan tersebut bisa dinikmati oleh semua kalangan

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.