aiyep
|

Mengenalkan Kota Santri ke Negeri Kanguru, Mulai dari Strawberry Puspo hingga Sawah di Beji

Alfin Nurul Firdaus, Program director dari Pasuruan Youth Forum memberikan cindera mata khas Pasuruan pada pihak Kemenpora

“Sudah saatnya Pasuruan dikenal lebih luas bukan hanya sebagai kota santri, tapi juga kota beribu potensi” ucap Alfin saat kami bertandang ke Perpustakaan Kancil, perpustakaan milik Pasuruan Youth Forum untuk bercerita mengenai program Kemenpora. yang saat ini ia jalani dan tahun ini merupakan kali pertama kandidat dari Pasuruan terpilih sebagai wakil. Program Exchange tersebut dikenal dengan nama AIYEP atau Australia-Indonesia Youth Exchange Program. Aiyep merupakan sebuah program pertukaran pemuda yang rutin digelar oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia bekerjasama dengan pemerintah Australia untuk tetap menjaga hubungan diplomatik kedua negara.

Alfin merupakan kandidat utama dari Jawa timur untuk AIYEP 2020, ia bersama 17 pemuda dari berbagai provinsi lainnya akan menjadi perwakilan Indonesia untuk mengenalkan daerah masing-masing kepada delegasi dan pemerintah Australia. “Ada sekitar 13 Provinsi dan Jawa timur mendapatkan 2 jatah delegasi untuk tahun ini” paparnya lebih lanjut. AIYEP tahun ini cukup berbeda karena dilaksanakan ditengah keadaan pandemi, tapi hal ini malah menjadi keuntungan sendiri bagi Alfin. Selama border Australia belum dibuka, program tetap dilaksanakan secara virtual, “dengan begitu saya bisa menunjukkan banyak hal di Pasuruan secara langsung seperti live report dengan teman-teman saya di Australia dan mereka sangat antusias melihat hal-hal yang biasa kita temukan di sekeliling kita. Sama seperti live tour” ungkap Alfin.

Apresiasi Wakil bupati Pasuruan, KH. Mudjib Imron bersama Kepala dinas pemuda dan olahraga Pasuruan kepada Alfin untuk program AIYEP 2020

Alfin berharap program ini dapat meningkatkan minat wisata ke Pasuruan bagi masyarakat negeri Kanguru tersebut. Dengan terpilihnya kandidat dari Pasuruan, Pasuruan Youth Forum berharap akan ada banyak bibit-bibit pemuda Pasuruan yang akan melanjutkan estafet perjuangan memperkenalkan Pasuruan dan Pasuruan Youth Forum berkomitmen untuk turut memberi wadah belajar bagi pemuda Pasuruan untuk meningkatkan kualitas diri.

ditulis oleh Zakki Ardian, Human Resource Manager Pasuruan Youth Forum

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.